Disabilitas dan Pandangan Masyarakat umum

Penyandang disabilitas didalam kehidupan bermasyarakat

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat



Memahami Disabilitas

Disabilitas adalah suatu keadaan dimana seseorang digambarkan sebagai objek yang memiliki kekurangan tertentu baik fisik maupun mental. arti lainnya: setiap orang yang mempunyai kelainan fisik dan atau mental, yang dapat mengganggu atau
merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan secara selayaknya, yang terdiri dari penyandang cacat fisik, penyandang cacat mental serta penyandang cacat
fisik dan mental. (mengutip UU no 4 thn 1997)

Ada beragam fenomena stigma negatif tentang penyandang cacat (disabilitas) yang
seringkali menimbulkan suatu anggapan bahwa mereka menimbulkan aib yang mencoreng kerabat terkait atau kutukan keluarga, sehingga memotivasi kuat untuk menyembunyikan keberadaan mereka.

bayangkanlah bila anda menjadi salah satu diantara mereka? ....

bagaimanakah anda ingin diperlakukan bila menjadi anda mejadi salah satu kaum disabilitas? ...

Anda tentu juga ingin diperlakukan secara sejajar selayaknya sesama manusia bukan? ..

Dalam undang undang tentang penyandang cacat (kaum disabilitas) telah diatur persamaan hak dan kewajiban

Dalam dunia ketenagakerjaan masih ada banyak sekali yang beranggapan bahwa penyandang cacat (kaum disabilitas) sama dengan tidak mampu untuk melakukan sesuatu yang dilakukan orang lain yang tidak mengalami disabilitas, sehingga tidak dapat diterima sebagai pekerja yang sah, alasan utamanya karena pra-syarat untuk menjadi pekerja salah satunya adalah sehat jasmani dan rohani padahal sebenarnya bila peran seorang kaum disabilitas diberikan pengembangan dan perlakuan yang benar, maka bukan tidak mungkin mengalahkan kinerja orang yang sehat secara utuh. Selain itu, masalah fasilitas umum bagi penyandang
disabilitas
juga masih rendah. Banyak fasilitas umum yang belum bisa dimanfaatkan secara langsung
terhadap mereka, sehingga akan mungkin sekali menghambat akses dan partisipasi mereka di
berbagai bidang. Mereka juga rentan mengalami diskriminasi ganda, terutama penyandang disabilitas wanita

ada banyak upaya yang dapat kita lakukan untuk membantu para penyandang disabilitas, salah satunya adalah menghimpun kolaborasi komunikasi antar media seperti yang dilakukan oleh situs kartunet.com, situs kartunet.com merupakan salah satu komunitas indonesia yang uniknya dikelola oleh organisasi nirlaba yang didirikan oleh kaum muda tunanetra.

Diharapkan dengan keberadaan situs kartunet.com yang menggambarkan betapa luar biasanya prestasi kaum disabilitas melalui beragam informasi menarik, yang sekiranya menimbulkan gagasan baru bahwa kita dapat memperbaiki pandangan yang mungkin belum sesuai dengan pandangan kaum disabilitas. persamaan pandangan akan tercipta dengan berbagi pengalaman, itulah kunci harapan bagi keberadaan kartunet.com.

Mari kita berkunjung ke situs tersebut www.kartunet.com

sekian semoga informasi yang saya sampai bermanfaat bagi kita semua.
terima kasih.

Kontes Blogging Kartunet 2011

1 komentar:

Muslih21 mengatakan...

Terima kasih informasinya, blognya ringan gan.. ayo galakan kepedulian masyarakat terhadap para penyandang cacat di Indonesia.

Pernahkah anda merasa betapa kasihannya para penyandang cacat di Indonesia?.

Bagaimana tanggapan keras anda mewujudkan Indonesia akan hak para orang cacat (Disabilitas dan Pandangan Masyarakat) untuk sekarang ini?

Posting Komentar

 
© 2010 akumania | Blogger.com